Ikuti 8 Tips Mudah Menghemat Energi Listrik di Rumah!

Ikuti 8 Tips Mudah Menghemat Energi Listrik di Rumah! – Pusing tiap bulannya tagihan listrik naik terus? Nggak usah khawatir sob, karena kali ini kami akan memberikan tips menghemat listrik rumah. Jadi tagihan listrik nggak akan membengkak deh. Penasaran apa saja tips yang perlu dilakukan? Well, simak baik-baik ya caranya!

Sumber: Cekaja.com

  1. Menggunakan listrik prabayar

Sumber : rumah.com

Beralih menggunakan listrik prabayar merupakan salah satu pilihan terbaik dalam menghemat listrik rumahan. Sebab kamu nggak perlu khawatir lagi penggunaan listrik dirumah akan berlebihan, karena disini kamu bisa menentukan jumlah penggunaannya sesuai sama kantong. Praktisnya lagi kamu bisa beli token di online shop maupun lainnya kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan. Selain itu, banyak juga e-commerce yang sering memberikan promo spesial, lho. Tertarik?

  1. Menggunakan lampu LED

Sumber : ledbatam.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu jenis lampu LED ini? Pasti kamu tahu dong. Memang harga dari lampu LED ini lebih mahal dari jenis lampu biasanya. Tetapi itu semua sebanding dengan harga yang mereka tawarkan. Pasalnya lampu jenis LED ini mengusung segudang keunggulan. Lampu LED ini mampu menghemat energi, cahaya yang dihasilkan juga lebih terang, tidak panas serta usia penggunaannya pun lebih lama.

  1. Menggunakan AC hemat energi

Sumber : nakita.grid.id

Kalau kamu memang nggak betah dengan udara panas di dalam ruangan dan harus menggunakan pendingin ruangan, pastikan pilih yang hemat energi. Apalagi di Indonesia ini terkenal akan iklim tropisnya, jadi nggak kebayang deh bagaimana panasnya. Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakan AC, pastikan pilih yang memiliki teknologi inverter. Teknologi yang ada di AC ini membuat pengeluaran energi listrik menjadi lebih sedikit dan hemat. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan besar ruangannya serta sesuaikan dengan kapasitas AC.

  1. Memanfaatkan ventilasi udara

Sumber : dekoruma.com

Memang keefektifan sebuah AC tak ada yang bisa mengalahkannya dalam melawan udara panas. Tetapi jika kamu memang benar-benar ingin menghemat listrik bisa menggunakan ventilasi udara. Selain bisa menyejukkan ruangan dengan udara alami, listrik di rumah jadi lebih hemat deh.

  1. Cabut steker apapun jika sudah tidak terpakai

Sumber : beres.id

Kebanyakan orang lebih suka membiarkan steker peralatan elektronik apapun itu selama 24 jam. Sebab saat kita ingin membutuhkan daya listrik saat mengisi ulang gadget misalnya, akan lebih cepat dan nggak ribet. Tetapi nyatanya kecepatan dan kepraktisan tersebut dapat membuat tagihan listrik menjadi membengkak. Steker yang masih terhubung ke aliran listrik meskipun sudah tidak digunakan, tetap saja akan membutuhkan energi listrik. Jadi jika sudah tidak terpakai segera cabut saja ya stekernya. Selain lebih hemat energi, hal tersebut juga bisa menghindari saat terjadinya korsleting listrik.

Pengen beli sepeda? Cek dulu link ini ya Sebelum Membeli, Ketahui Dulu 5 Jenis Sepeda Ini!

  1. Matikan peralatan elektronik apapun pada malam hari

Sumber : dekoruma.com

Pada malam hari merupakan salah satu waktu paling tepat untuk menghemat listrik. Sebab saat malam hari adalah waktunya untuk istirahat dan semua aktivitas akan berakhir. Seperti halnya manusia yang perlu mengisi tenaga saat malam hari untuk istirahat, listrik juga sama perlu istirahat juga.

  1. Hentikan menggunakan mesin pengering

Sumber : electrolux.co.id

Meskipun cuaca di negara tropis seperti Indonesia ini panas, tetapi kita tetap harus bersyukur, sebab kita bisa memanfaatkannya untuk mengeringkan pakaian maupun memanfaatkannya untuk tenaga surya. Selain itu kita juga nggak perlu menggunakan mesin pengering pakaian. Karena biaya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin ini cukup membuat tagihan listrik membengkak lho.

  1. Gunakan TV atau monitor yang LED

Sumber : reviewaja.com

Selain lampu, jika kamu ingin lebih menghemat listrik lagi gunakan jenis TV atau monitor LED. Tak hanya lebih menghemat energi listrik saja, melainkan jenis TV maupun monitor LED ini mampu menghasilkan tampilan menjadi lebih jelas. Memang harga TV LED ini lebih mahal, tetapi itu semua juga untuk penggunaan listrik yang lebih hemat juga.

Jika kamu ingin lebih hemat listrik lagi kamu bisa menggunakan alat elektronik yang menggunakan tenaga surya. Sekarang ini sudah banyak kok mulai dari lampu taman tenaga surya, lampu LED tenaga surya dan lainnya. So, jangan boros dan tetap menghemat listrik ya, sob!

Share
Okt 25, 2020 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.