Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh – Kayu manis merupakan salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia bahkan dunia, karena rasa dan baunya yang khas kayu manis biasa menjadi tambahan bumbu dalam masakan bahkan juga minuman. Namun taukah kalian bahwa kayu manis juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut diantaranya:

Sumber Gambar: Freepik.com

1. Mengurungai efek dari peradangan

Bagi kalian yang sering mengalami masalah nyeri pada sendi atau radang sendi meminum air kayu manis sangat disarankan karena dapat mengurangi tingkat kengiluannya. Karena dalam rendaman air kayu manis ada anti-inflamasi diaman ini dapat membantu mengurangi rasa sakit berlebihan. Air kayu manis juga sangat baik  dalam melancarkan sirkulasi darah yang sehingga dapat meringatkan sakit akibat terhambatnya aliran darah kesendi.

2. Menambah Imun Tubuh

Air dari rendaman kayu manis mengandung polifenol antioksidan dan proanthocyanidins dimana kandungan ini dapat membantu menambah kekebalan imun tubuh. dengan sering mengkonsumsi  kayu manis kita bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung dan lainnya.

3. Dapat Membantu Jika Ingin Diet

Buat kalian yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, Sering mengonsumsi kayu manis dapat membantu menurunkan berat pada tubuh. Karena menurut penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute, Ada zat cinnemaldehyde yang terkandung dalam kayu manis sehingga bermanfaat untuk membantu membakar lemak menumpuk di dalam tubuh.

4. Dapat Mencegah Diabetes

Salah satu khasiat yang sangat baik dari kayu manis yaitu mencegah datangnya penyakit diabetes karena kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah. Beberapa mekanisme yang ada dalam kandungan kayu manis sehingga bisa menurunkan gula darah diantaranya dapat mengurangi jumlah glukosa yang masuk kelairan darah setelah makan. Hal ini terlaksana kareba zat yang ada pada kayu manis mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga karbohidrat dapat terurai dengan lambat pada saluran pencernaan. Selain itu, senyawa dari kayu manis juga bisa bekerja pada sel dengan meniru insulin. Sehingga dapat meningkatkan penyerapan pada glukosa oleh sel tubuh, meskipun hal tersebut tidak secepat insulin sendiri. beberapa penelitian juga udah dilakukan pada manusia dan mengonfirmasi efek anti diabetes dari kayu manis yang menunjukkan hasil dimana kadar gula darah dapat turun sebesar 10-29 persen karena mengonsumsi kayu manis.

5. Sangat kaya dengan Antioksidan

Kayu manis juga sangat kaya dengan zat antioksidan seperti polifenol, asam fenolik, dan flavonoid. Dimana pada zat ini banyak sekali manfaat pada tubuh, misalnya mencegah penuaan dini, mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, mencegah stres oksidatif, serta mampu mengontrol pembentukan oksida nitrat yang bisa menimbulkan penyakit kanker, gangguan otak dan penyakit serius lainnya.

Bagaimana? banyak sekalikan manfaat dari Kayu Manis bagi kesehatan, jadi jangan lupa ya untuk sering mengkonsumsi kayu manis agar terhindar dari berbagai penyakit. Namun kayu manis juga tak serta merta dapat mengobati penyakit tetap pengobatan ke rumah sakit adalah hal yang penting jika kalian sakit. Nah dimasa pandemi saat ini kita juga agak sungkan untuk langsung ke rumah sakit jika sakitnya tidak terlalu menkhawatirkan untuk itu Blogsteguh akan memberikan info tentang Halodoc.

Halodoc sendiri merupakan aplikasi yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Tugas dari Halodoc sendiri untuk memfasilitasi dokter dan pasien dalam sebuah layanan online melalui aplikasi, disini kalian juga bisa membeli obat yang kalian butuhkan secara online dan tentunya tetap dengan resep dokter. Aplikasi Halodoc dapat kalian dapatkan di Playstore dan App Store, tinggal install dan daftar layanan rumah sakit telah berpindah ke layar smartphone anda.

Share
Agu 21, 2020 - Posted by Blogsteguh - 1 Comment
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

One Response to “Inilah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. Nurul Mutiara R.A berkata:

    Manfaat Kayu Manis utk kesehatan keren banget ya. Padahal aku sering mengonsumsi Kayu Manis utk rempah pas buat masakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.