Sebelum Membeli, Ketahui Dulu 5 Jenis Sepeda Ini!

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu 5 Jenis Sepeda Ini! – Sekarang kita bisa melihat para pengendara sepeda dengan lebih mudah dan sering dijalan raya. Apalagi di akhir pekan banyak para pegowes yang memanfaatkan waktu weekend nya untuk berolahraga sepeda. Mungkin kamu salah satunya? Di kota-kota besar juga ada berbagai komunitas sepeda yang mempunyai aktivitas rutin bergowes sebagai kegiatannya. Tujuannya, tentu buat meningkatkan kesadaran pada masyarakat tentang pentingnya berolahraga, salah satunya dengan bersepeda. Beberapa orang juga menjadikan sepeda sebagai transportasi pribadi untuk pergi bekerja atau kuliah. Kalau kamu termasuk orang yang sedang tertarik dengan sepeda serta berniat membeli sepeda, lebih baik ketahui dulu tentang jenis-jenis sepeda berikut ini.

1. Sepeda Lipat

Sumber: pinterest.com

Sepeda lipat bakal membuat siapa saja yang pertama kali melihatnya langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak, sepeda satu ini dapat dilipat dengan mudah sehingga bisa disimpan di tempat mana saja. Bahkan kamu bisa menyimpan sepeda ini di dalam mobil hingga ruang minimalis. Sepeda lipat ini cocok digunakan di jalan beraspal dengan rute pendek. Jangan sampai kamu memakai jenis sepeda ini di medan yang berat ya. Selain itu, sepeda ini juga memiliki dua jenis perbedaan berdasarkan ukuran bannya, yakni untuk ukuran standar 16 hingga 20 inch, dan untuk ukuran besar 24 inch.

Kalau kamu tertarik dengan sepeda lipat, pilihan sepeda Polygon Urbano 3 bisa dijadikan pilihan. Dilengkapi dengan tujuh pilihan kecepatan yang dapat diatur sendiri dengan cara mengoper gigi. Dengan harga sepeda lipat Polygon sekitar Rp 4 jutaan, tentunya mereka memberikan kepuasaan kepada pelanggan dengan merancang produknya dengan sedemikian rupa. Kerangka yang dimiliki produknya juga sangat ringan dan anti karat.

2. Sepeda BMX

Sumber: pinterest.com

BMX atau Bicycle Moto Cross adalah salah satu jenis olahraga populer di Amerika Serikat pada tahun 1960 an. Sepeda dengan jenis ini bisa digunakan buat balapan dengan panduan atraksi-atraksi yang seru dan ekstrim. Bukan cuma populer di Amerika, sepeda BMX juga sudah terkenal di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Selain bisa digunakan balapan, jenis sepeda ini pun kini dapat dipakai untuk kegiatan lainnya, misalnya olahraga atau sekedar gowes-gowes santai.

3. Sepeda Hybrid

Sumber: pinterest.com

Sepeda hybrid merupakan kombinasi antara sepeda balap dan juga sepeda gunung yang cocok dipakai dijalan raya. Pada bagian rangkanya sepeda ini mirip sekali dengan sepeda gunung serta punya shockbreaker di roda depannya. Tapi, ukuran diameter roda serta pipanya lebih mirip seperti sepeda balap, yakni 27”. Sepeda hybrid memiliki bentuk permukaan ban yang lumayan bertekstur serta lebih lebar ketimbang sepeda balap.

4. Sepeda Balap

Sumber: pinterest.com

Sama seperti namanya, sepeda balap ini memang dikhususkan buat balapan. Jenis sepeda ini biasanya mempunyai berat yang cukup ringan dari jenis sepeda lainnya. Sehingga memiliki kecepatan yang sangat tinggi saat digunakan di jalan raya. Sepeda ini mampu menghasilkan kecepatan sampai 60 km/jam bahkan tanpa memakai shockbreaker. Untuk mengenalinya juga cukup mudah, tinggal lihat bagian setirnya saja. Sepeda balap umumnya mempunyai setir yang berbentuk melengkung di bagian ujungnya. Tujuannya agar si pengendara dapat merendahkan tubuhnya. Jadi, bisa mencapai aerodina meter yang terbilang ideal. Jenis sepeda satu ini punya beberapa jenis, yakni lightweight, aero, dan endurance.

5. Sepeda Gunung

Sumber: pinterest.com

Jenis sepeda satu ini memang cocok dipakai di wilayah pegunungan dengan medan yang berat. Ada banyak ciri sepeda gunung yang dapat kamu kenali, yaitu mempunyai rangka dari pipa ukuran besar, ukuran pada rodanya 26” yang dibekali dengan tapak cukup lebar, bagian tapak bannya juga mempunyai kemampuan mencengkeram batu dan tanah di area perbukitan. Selain itu, sepeda gunung juga dibekali shockbreaker di bagian rodanya, serta memiliki 10 gear di belakang dan 3 gear di depan.

Buat kamu yang tertarik dengan sepeda gunung, sepeda dari Polygon, yaitu Polygon Xtrada 6 bisa kamu pilih lho untuk temani aktivitas gowes kamu. Dibekali dengan pilihan kecepatan sebanyak 20 dengan thumbshifter sebagai sistem pengoperan. Hadir dengan roda berukuran 29 inch dan 27.5 inch. Harga sepeda Polygon Xtrada satu ini kisaran Rp 6 juta. Meski terbilang mahal, tapi kualitas yang dimilikinya tentu gak perlu diragukan lagi.

Dengan kamu mengetahui jenis-jenis sepeda di atas, tentunya akan memudahkan kamu menemukan sepeda yang cocok dengan aktivitas yang ingin kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca Artikel ini.. 4 Tempat Wisata Kuliner yang Wajib dicoba jika ke Surabaya

Share
Jul 25, 2020 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.