Kenali Fintech Lending Atau Pinjaman Online yang Aman

Kenali Fintech Lending Atau Pinjaman Online yang Aman – Pernahkah kalian di telpon atau SMS dari nomor yang tidak dikenal bahwa ada teman kamu yang meminjam online dan kamu diminta untuk memberitahukan kepada si penghutang? itu merupakan ciri-ciri fintech lending (pinjaman online) yang ilegal.

Kenali Fintech Lending Atau Pinjaman Online yang Aman

Saat ini banyak sekali fintech lending yang ilegal, dan mereka biasanya menawarkan pinjaman secara masif baik lewat sosial media hingga langsung sms ke calon pelanggan maka dari itu kita jika ingin meminjam ke fintech lending harus mengetahui perbedaan antara fintech lending yang legal dan ilegal.

Ngobrol Tempo.co “Manfaat Ekonomi Fintech Lending”

Ngobrol Tempo.co “Manfaat Ekonomi Fintech Lending”

Nah! hari rabu kemarin atau tepatnya tanggal 10 Juli 2019, Blogsteguh dan beberapa Blogger Pontianak berkesempatan mengikuti ngobrol tempo yang bertajuk “Manfaat Ekonomi Fintech Lending”di gedung UMKM Center Pontianak. Acara “ngobrol tempo” ini sebelumnya sudah pernah terlaksana di dua kota yaitu Solo dan Semarang, dan Kota Pontianak menjadi kota ke tiga yang menggelar acara ini. Pada acara ngobrol tempo ini terdapat beberapa narasumber yang memberikan info tentang fintech landing ini.

Acara ini dibuka oleh Moderator yang merupakan direktur TEMPO.CO yaitu Tomi Aryanto dengan keynote speaker Pak Edi Rusdi Kamtono selaku Walikota Pontianak, ada 4 narasumber utama yaitu Pak Munawar, Deputi Direktur Penelitian, Pengaturan dan Pengembangan Fintech OJK, Pak Haryadi S. Triwibowo selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pontianak, Pak Sonny Ch. Joseph selaku CEO & Co-founder Batumbu dan yang paling cantik ada Ibu Anggie S Ariningsih selaku Director of Corporate Affairs and Public Relations dari Akulaku.

Lalu apasih sebenarnya definisi dari Fintech Lending yang saat ini sudah banyak menjamur? Nah Fintech Lending atau pinjaman online merupakan layanan peer to peer yang meminjamkan uang kepada individu yang saling tidak mempunyai hubungan tanpa melalui perantara keuangan tradisional seperti bank atau lembaga keuangan tradisional lainnya dengan sistem online.

Cara Mengetahui Fintech Landing Legal dan Ilegal?

Sebagai calon pelanggan kalian harus tahu perbedaan antara fintech lending (pinjaman online) yang legal dan ilegal agar tidak terperosok di lingkaran hutang akibat meminjam ke fintech lending ilegal yang tak memiliki aturan yang jelas. Dan berikut ciri dari fintech yang ilegal:

  • Alamat kantor tidak jelas, bahkan ada yang diluar negeri
  • Tidak terdaftar di OJK
  • Proses pminjaman sangat mudah, bahkan biasanya hanya perlu KTP saja
  • Nilai bunga dan denda tidak jelas bahkan semaunya mereka
  • Pada saat dinstall di smartphone, mereka meminta akses seluruh data di Smartphone kita dari kontak hingga galeri
  • Penagihan yang kasar, hingga menghubungi seluruh kontak yang ada di smartohone yang kita miliki

Lalu bagaimana mengetahui mana fintech yang legal atau aman? ya kebalikan dari beberapa hal diatas yaitu terdaftar di OJK, mempunyai alamat yang jelas, nilai bunga jelas, akses permisi di smartphone hanya untuk kamera, lokasi dan mikrofon.

Daftar Fintech Lending (Pinjaman Online) Legal dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia

Fintech Lending sendiri sebenarnya sangat baik untuk para UMKM yang membutuhkan dana cepat dengan cara yang mudah, namun hal tersebut harus sesuai dengan kemampuan saat membayar nantinya jangan sampai peminjaman ke fintech lending ini digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat seperti berfoya-foya dan akhirnya malah tak mampu membayar.

Demikian postingan saya tentang Kenali Fintech Lending Atau Pinjaman Online yang Aman, semoga bermanfaat ya!

Share
Jul 16, 2019 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.