Mempawah Mangrove Park, Pesona Baru Wisata Kalimantan Barat

Mempawah Mangrove Park, Pesona Baru Wisata Kalimantan Barat – Pohon Mangrove atau bakau merupakan salah satu pohon yang dapat menghambat abrasi air laut, selain itu adanya hutan mangrove juga bisa menjadi habitat dari ikan-ikan kecil namun ada juga kelebihan lain dari hutan mangrove bila di kelola dengan baik seperti hutan mangrove yang berada di desa pasir, Mempawah. Yang saat ini sudah menjadi destinasi wisata unggulan di daerah tersebut karena di kelola dengan sangat baik, meski umurnya baru sekitar 1 tahun (tepatnya diresmikan pada 15 Agustus 2016).

mangrove, mempawah, bakau

Inframe instagram.com/darepontianak, Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Lokasi Mangrove

Lokasi dari Mempawah Mangrove Park juga sangat strategis, sekitar 10 menit dari pusat kota Mempawah, jika dari kota Pontianak jarak tempuh hanya sekitar 1,5 jam. Untuk masuk ke lokasi kalian hanya merogoh kocek 5000 Rupiah/orang ditambah jika menggunakan sepeda motor membayar parkir 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah. Ada juga penyebrangan ke pulau penibung, sebuah pulau yang berada tepat di depan wisata mangrove mempawah jika ingin kesana cukup merogoh 20000 rupiah/orang untuk jasa penyebrangannya.

Advertising

Inframe instagram.com/darepontianak & instagram.com/habibi_bekamlover, Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Inframe instagram.com/darepontianak, Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Inframe instagram.com/darepontianak , Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Tempat wisata ini juga cukup luas untuk dikelilingi, melewati jalan setapak yang terbuat dari kayu terdapat banyak sekali spot-spot menarik untuk berfoto atau instagramable. Selain itu, banyak poster-poster yang bisa mengedukasi para pengunjung jadi, jika kalian kesini bisa liburan sambil belajar tentang hutan mangrove. Untuk pecinta sunset, sunset disini juga cukup indah untuk dinikmati dan jangan khawatir jika tiba-tiba kebelet karena tempatnya cukup luas disini juga tersedia beberapa toilet umum. Bagi yang datang membawa makanan dari luar mohon untuk membuang sampah di tempat sampah yang banyak tersedia disini agar kebersihan tempat ini terjaga.

Buanglah sampah pada tempatnya, Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Pulau Penibung seberang Wisata Mangrove Park, Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Dengan suksesnya Mempawah Mangrove Park, semoga menjadi inspirasi untuk daerah lainnya yang berada di pinggiran laut untuk membuat hutan mangrove-mangrove lainnya agar abrasi air laut tidak semakin mendekat dan bukan tidak mungkin bisa menjadi pemasukan bagi warga sekitar.

Akhir kata terima kasih telah mebaca artikel ini, semoga bermanfaat!!

Share
Sep 1, 2017 - Posted by Blogsteguh - 1 Comment
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

One Response to “Mempawah Mangrove Park, Pesona Baru Wisata Kalimantan Barat”

  1. Arif says:

    wah udah bagus ya sekarang Mempawah Mangrove Parknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *