Sudahkah Saya Merdeka Sebagai Seorang Blogger?

Sudahkah Saya Merdeka Sebagai Seorang Blogger? – Blogger kok merdeka? emangnya di jajah?? hehe, saat ini fenomena menjadi seorang Blogger sudah mulai diminati oleh sebagian netizen di Indonesia, apalagi profesi seorang blogger cukup bisa mendatangkan rupiah karena perusahaan-perusahaan sudah lebih tertarik untuk menggunakan jasa seorang blogger untuk memperkenalkan brand yang ia miliki ketimbang ngiklan di media massa atau cetak. Lalu, karena besarnya peluang tersebut saat ini banyak sekali blogger-blogger “muda” yang muncul mencoba mengambil peluang tersebut dengan kualitas konten apa adanya. Lalu apakah itu salah?? tentu tidak, itu semua kembali lagi ke bloggernya, niat ngeblog karena uang?? atau memang karena passion mereka adalah menulis. Namun jika memang tujuanya menjadi seorang blogger untuk mendapatkan uang, kita haruslah menjadi blogger indonesia yang profesional agar brand juga mendapatkan feedback positif dari apa yang kita tulis.

Sudahkah Saya Merdeka Sebagai Seorang Blogger?

Kalau saya sendiri sih jika didefinisikan bisa dibilang sebagai blogger matre yang profesional hahaha. Apa sebabnya?? karena yaitu sebagian konten yang saya tulis di blog adalah konten yang “dipaksa” karena di bayar wkwkw. Lalu kenapa? kalau di tanya tentang ini sebenarnya setiap orang adakalanya memiliki titik jenuh dan mungkin saat ini saya sedang di titik jenuh, itu sebabnya belakangan ini jadi jarang menulis dan lebih banyak tulisan tentang brand tertentu yang muncul di beranda blog saya.

Cerita sedikit tentang ngeblog, saya sendiri sudah mengenal dunia blogger sejak kelas 2 SMA atau sekitar tahun 2011. Dulu ngeblog hanya sebuah keisengan, berawal karena suka main game lalu pengalaman tersebut di curahkan di dalam tulisan blog tak disangka tulisan tersebut ternyata banyak di baca, mulai saat itu semangat menulis jadi semakin bertambah hingga rela menyisihkan uang jajan untuk membeli kouta internet agar bisa tetap menulis. Asal kalian tahu dulu koneksi internet tidak seperti sekarang yang murah dan cepat, dulu dashboard blogger kebuka aja nunggunya mesti sabar wkwkw.  Semua itu rela dilakukan karena lewat tulisan tersebut  saya banyak menemukan teman-teman baru dan entah mengapa bahagia aja hati haha. Namun hal tersebut berubah setelah saya mengetahui bahwa lewat blog saya bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah, fokus saya bukan lagi tulisan yang baik namun bagaimana tulisan saya bisa menghasilkan uang lebih banyak dan itu berkelanjutan hingga saat ini wkwkwk.

Oke kembali lagi cerita saya di paragraf pertama jika ingin menjadi seorang blogger profesional apasih yang harus kita lakukan agar brand melirik? ini menurut pengalaman saya ya, yang saya kira cukup lama dalam dunia pembloggeran jiaaah.

Pertama, attitude pribadi kita sendiri harus dijaga sebab apa?? brand juga tidak mau sembarang memilih seorang blogger untuk ikut andil dalam mengenalkan produk/jasa yang ia punya. Jika terlihat kita lebih sering nyiyir daripada memberitakan hal yang baik-baik maka brand juga akan pikir-pikir untuk memilih kita. Jadi bijaklah  dalam bersosial media.

Kedua, tulisan kita juga harus baik jangan asal-asalan dalam menulis. Karena kita mendapat uang dari brand yang kita tulis sebaiknya berikanlah tulisan yang minimal enak di baca dan jelas.

Ketiga, Setelah mendapat brief apa yang harus ditulis segerakanlah menulis hal tersebut jangan menunda-nunda dalam menulis hingga deadline yang nantinya akan menyulitkan kita sendiri sebagai blogger apalagi sampai di tagih brand jika hal tersebut telah terjadi mungkin itulah akhir dari rejeki kalian dari brand tersebut.

Keempat, perbanyak teman-teman blogger. Yap, banyak teman banyak rejeki itu juga berlaku jika kita ingin terlihat lebih profesioal dalam dunia blogger dengan banyak teman seorang blogger kita bisa sharing tentang ngeblog yang tentunya juga akan menaikan skill kita dalam ngeblog.

Kelima, ini sebenarnya tidak harus ada namun juga penting agar blogger terlihat lebih profesional yaitu keahlian SEO (search engine optimization) jika kita bisa menulis dengan kaidah seo yang benar maka kemungkinan tulisan yang kita tulis akan tampil di layar terdepan dalam pencarian google. Namun SEO itu tak semudah yang dipikirkan, banyak sekali tahapan yang sulit dan sering berubah-rubah setiap detiknya untuk itu jika memiliki uang lebih ada baiknya menggunakan jasa seo profesional untuk menaikan rangking anda di google, salah satu jasa seo yang saya tau adalah MB Communication yang merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing, creative branding, dan cyber public relation.

Demikian lah, postingan saya tentang Sudahkah Saya Merdeka Sebagai Seorang Blogger? semoga artikel ini bermanfaat untuk para teman-teman yang baca, sekian terima kasih.

Share
Jul 25, 2018 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.