Belanja Aman dan Cepat dengan E-Katalog

Belanja Aman dan Cepat dengan E-Katalog – LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah) kembali mengelar sosialisasi di Pontianak tepatnya di Hotel Santika, Kamis (3/5/2018). Ini merupakan tahun kedua LKPP menggelar sosialisasi di Pontianak dengan mengandeng salah satu e-commerce terbesar di Indonesia Bhinneka.com, tahun lalu blogsteguh juga berkesempatan hadir di acara ini. Tema Sosialisasi kali ini ialah E-Katalog LKPP: belanja cepat cara tepat melalui e-katalog.

Sosialisasi ini bertujuan untuk  meningkatkan awarness serta pemahaman pemerintah daerah khususnya Kalimantan Barat mengenai pentingnya serta manfaat dari e-katalog LKPP ini, acara ini sendiri dihadiri lebih dari 200 peserta mulai dari kepala SKPD, ketua ULP dan LPSE seluruh pemerintah daerah di Kalimantan Barat.

Belanja Aman dan Cepat dengan E-Katalog

E-Katalog sendiri merupakan terobosan baru yang memudahkan pemerintah daerah dalam kegiatan pengadaan barang atau jasa yang terbuka serta efisien. Hal ini juga diungkapkan oleh Perwakilan LKPP, Irawati Indra “dengan menggunakan e-katalog pembelian barang atau jasa dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dengan cepat dan mudah, karena hanya perlu melakukan log ini serta melakukan transaksi di laman https://e-katalog.lkpp.go.id/.

Selain itu, lanjut Irawati mengungkapkan  “Mengapa E-Katalog itu penting? karena e-katalog bisa mendapatkan harga produsen ataupun harga distributor yang jauh lebih murah dan mampu menyediakan barang dengan jumlah banyak. Caranya juga sangat simple dan mudah serta harga yang di dapatkan juga berdasarkan merek dan tipe barang yang sesuai dengan kontrak yang ada”.

Sosialisasi ini juga sangat di apresisasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, melalui Pak Lewono selaku perwakilan dari seketaris daerah provinsi Kalimantan Barat “E-katalog dan pembelian melalui e-katalog disebut e-Purchasing, e-purchasing dimaksudkan untuk penyerapan anggaran kementrian, barang barang manufaktur elektronik yang cukup sering dibeli pemerintah, menggunakan e-purchasing tanpa melalui tender, banyak SKPD yang belum paham dan mengerti e-katalog, karena belum banyak partisipasi e-katalog.

Sosialisasi e-katalog sendiri merupakan wujud serius dari pemerintah provinsi kalbar untuk meningkatkan awarness e-katalog, sehingga kedepannya makin meningkatkan penggunaan e-katalog dalam pengadaan barang dan jasa, kemudahan dalam bertransaksi menggunakan E-Katalog”.

Kenapa E-Katalog?

Lalu alasan kenapa pemerintah daerah harus memilih E-Katalog dalam pengadaan barang? senada dengan pernyataan Ibu Irawati harga yang ditawarkan dari e -katalog merupakan harga produsen yang sudah pasti murah, serta jumlah barang yang bisa didapatkan dalam jumlah yang banyak, dan harga yang dibayarkan sesuai dengan spesifikasi barang yang dibutuhkan.

Belanja Aman dan Cepat dengan E-Katalog

Direktur Corporate Sales Bhinneka, Heriyadi Janwar menjelaskan Bhinneka merupakan penyedia barang dan jasa yang telah terverifikasi oleh LKPP dan juga berperan aktif untuk sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-katalog.

Bhinneka berkomitmen untuk reformasi proses belanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel, harga barang barang yang dijual sudah termasuk pajak yang menjamin akuntabilitas yang akan menghemat pengeluaran rutin pemerintah daerah.

Sosialisasi e-katalog ini merupakan kesempatan Bhinneka untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP, demi menuju Indonesia yang semakin transparan dan maju, selain itu Bhinneka juga semakin meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menawarkan pilihan produk yang lengkap, harga khusus untuk produk dalam e-katalog, jaminan garansi, dan layanan.

Sehingga dengan adanya peran Bhinneka di dalam sistem e-katalog LKPP kedepannya dapat mempercepat akselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli pemerintah, karena saat ini baru terdapat 31.000 produk Bhinneka yang tayang di e-katalog LKPP, yang terdiri dari komputer (desktop & notebook), server, office equipment, dan kamera.

Semoga dengan E-katalog kerja dari pemerintah daerah khususnya Prov Kalbar jadi lebih efisien dan cepat serta aman dari tindak pidana karena semua transaksi tercatat dalam database sehingga kecil kemungkinan terjadi penyelewengan.

Share
Mei 3, 2018 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.