Mengatasi Blouse Putih yang Menguning

Kebayang nggak sebelnya kalo punya blouse putih andalan ternyata ada noda kuning? Atau tiba-tiba blouse putih nya berubah jadi menguning? Noda itu tidak mau hilang meskipun kamu sudah mencuci baju tersebut selama berkali-kali. Tidak hanya terdapat di baju putih saja, noda kuning di baju berwarna juga nampak terlihat, terutama pada bagian kerah. Punya baju putih memang harus bisa ekstra perawatan.

baju, kuning

Gambar Ilustrasi

Waktu kamu lagi browsing baju putih di mataharimall.com, kamu juga mesti siap dengan perawatannya. Blouse putih kesayangan harus di rawat ekstra supaya bisa terus dipakai dalam jangka panjang. Nah, apa solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju? Apakah kamu harus menggunakan pemutih pakaian? Tidak perlu menggunakan pemutih. Pasalnya, terlalu sering menggunakan pemutih dapat merusak serat kain

  1. Berikut adalah penyebab baju putih menjadi kekuningan dan bagaimana cara mengatasinya:
    Baju menguning karena lemari terlalu lembab
    Lemari baju kadang menjadi tempat yang terlalu lembab bagi baju kita. Terutama jika baju dilipat terlalu lama. Pindahkan lemari pakaian kamu ke tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Rajin lah membereskan pakaian, mengeluarkannya untuk di angina-angin supaya pakaian tidak terlalu lembab. Segera cuci baju putih yang sudah kotor, jangan di diamkan terlalu lama.
  2. Noda keringat yang menempel terlalu lama
    Keringat yang menempel di kerah baju, bagian ketiak maupun bagian lainnya seperti punggung atau lengan. Secepatnya cuci blouse putih kamu yang kena keringat supaya tidak meninggalkan noda kekuningan.
  3. Pemakaian produk pencerah atau pemutih baju yang tidak sesuai
    Produk pencerah atau pemutih pakaian memang harusnya berfungsi untuk memutihkan. Namun produk yang tidak sesuai atau pemakaian yang berlebihan justru malah akan meninggalkan noda kekuningan atau membuat warna baju jadi kusam. Sebaiknya gunakan bahan alami seperti jeruk atau baking soda untuk menghilangkan noda kekuningan di blouse putih kamu.
  4. Penggunaan deodorant yang berlebihan
    Noda kuning bekas deodoran biasanya terdapat pada pakaian berwarna putih atau warna-warna cerah. Selain itu, noda kuning pada baju juga dapat disebabkan oleh material baju atau bahan pewarna kain yang sensitif dengan zat asam. Kamu perlu tahu bahwa deodoran atau antiperspirant bersifat asam karena memiliki pH yang sangat tinggi. Reaksi dari baju yang menggunakan pewarna yang sangat sensitif akan menimbulkan noda kuning apabila terkena deodoran.

Untuk menghilangkan noda kuning di baju, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan-bahan yang bisa kamu temui sehari-hari. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat membantu kamu menghilangkan noda kuning pada baju:

  • Baking soda: Bahan yang satu ini dikenal dapat membersihkan bermacam-macam noda, mulai dari menghilangkan noda oli sampai dengan menghilangkan noda kuning di baju. Untuk memanfaatkan baking soda sebagai penghilang noda kuning di baju, kamu harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke noda kuning di ketiak atau kerah dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air dan cuci menggunakan deterjen.
    Cairan pencuci piring: kamu pasti heran dan tidak menyangka bahwa cairan pencuci piring dapat menjadi cara menghilangkan noda kuning di baju. Terbukti cairan pencuci piring memang bisa menghilangkan noda kuning, terutama akibat deodorant.Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit cairan pencuci piring ini, lalu menggosok baju dengan sikat gigi bekas.
  • Cuka putih: cuka putih biasanya digunakan sebagai bahan makanan atau memasak. Kamu bisa memanfaatkan cuka putih ini untuk menghilangkan noda dengan merendam selama beberapa jam. Setelah selesai angkat dan cuci dan jemur.

Kamu juga dapat membuat pasta yang dapat menghilangkan noda kuning di baju dengan mencampur cuka, vodka, hidrogen peroksidan, dan aspirin yang sudah dihancurkan. Sebelum mengoleskan pasta ini ke baju, rendam baju di dalam air hangat untuk melunturkan noda kuning. Setelah itu, oleskan pasta tersebut dan diamkan selama 1 jam.

Nah, jika sudah mengetahui penyebab baju menjadi kekuningan dan bagaimana cara menghilangkannya, kamu jadi nggak ragu lagi kan buat nambah koleksi baju putih kamu di lemari deh!

Share
Mar 14, 2018 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.