Laptop Asus untuk Mahasiswa, Pekerja maupun Gamer, Ini Panduan Pemilihannya

Laptop Asus untuk Mahasiswa, Pekerja maupun Gamer, Ini Panduan Pemilihannya – Asus menjadi salah satu notebook premium dengan penjualan yang paling baik di pasar notebook-netbook di Indonesia bahkan dunia. Hal ini dikarenakan Asus sendiri adalah manufaktur motherboard yang terlaris di dunia serta menduduki ranking kedua dalam hal penjualan notebook. Tak heran jika laptop Asus Core i5 dan i7 sering menjadi rujukan para penjual di toko komputer dan termasuk paling diburu di situs jual beli online, baik dalam kondisi bekas maupun baru.

laptop asus, notebook, murah

Laptop Asus untuk Mahasiswa, Pekerja maupun Gamer, Ini Panduan Pemilihannya

Berbicara soal spek dan keunggulan, sebenarnya hal tersebut relatif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Anda yang seorang gamer atau desainer grafis mungkin akan membutuhkan spek notebook Asus dengan processor, RAM, Hard Disk Drive dan VGA Card yang mumpuni. Namun tetap saja, kita tentu menginginkan laptop yang tidak lemot dan berkualitas, terlepas dari apa kebutuhan kita. Di bawah ini ada beberapa panduan untuk Anda dalam memilih laptop dari Asus yang berkualitas dan tidak lemot:

1. Processor yang tangguh.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, jika Anda menginginkan notebook Asus yang terbaik adalah disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan Anda, apakah untuk bekerja, untuk multimedia, mengolah data, bermain games dan sebagainya. Semakin besar ukuran media atau aplikasi yang Anda jalankan, misal untuk desain atau games, maka processor yang harus dibutuhkan untuk dapat memberikan performa yang terbaik juga harus yang mumpuni. Setidaknya pilih yang telah dibekali dengan processor Intel Core minimal Intel Core i5 atau Haswell (generasi keempat). Jika tidak, Anda bisa memilih laptop Asus yang dibekali dengan processor dari AMD minimal A8.

2. Kartu grafis (VGA Card) yang mantap.

Untuk urusan Graphic Processing Unit, diperlukan kartu grafis atau VGA Card yang paling populer di dunia komputer adalah NVIDIA GeForce dan AMD Radeon. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan ciri khasnya tersendiri. NVIDIA diklaim handal dalam hal olah multimedia dan juga gaming sedangkan untuk AMD Radeon sendiri masih kurang handal di sektor gaming tapi cukup imbang dalam hal gaming.

3. Kapasitas RAM besar.

Selain processor dan VGA Card, spek yang tak boleh dilewatkan adalah RAM. RAM mendukung kelancaran kinerja laptop, terutama apabila saat digunakan multitasking. Untuk mendapatkan notebook Asus yang tidak lelet minimal RAM yang harus Anda pilih adalah 4 GB DDR3. Dengan demikian, masih cukup banyak ruang untuk menjalankan multitasking atau setidaknya tidak lemot saat menjalankan aplikasi yang berukuran besar. Sedangkan untuk gamers, minimal RAM yang diperlukan adalah 8 GB.

Tapi tenang saja, meski RAM masih di bawah 8GB, Anda masih bisa meng-upgrade-nya lagi, tergantung jenis laptop yang Anda punya. Namun harus tetap dilihat dari sistem OS-nya juga, jika masih 32 bit maka yang terbaca tetaplah 4 GB sedangkan jika memasang 64 bit maka berapapun kapasitasnya, dapat Anda gunakan.

4. Dimensi yang tepat.

Selain sektor internalnya, sektor eksternal juga harus diperhatikan dalam memilih laptop terbaru yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berkaitan dengan kemudahan dan kepraktisan dalam membawanya. Jika Anda masih sering membawa pergi laptop Anda kemanapun Anda berada, maka sesuaikan bobot dan dimensi ukuran laptop agar muat dalam tas dan mudah dibawa kemana saja. Tapi pada dasarnya, laptop dengan ukuran layar yang ideal dan cukup mantap tapi tetap tidak memakan banyak space adalah 14 inchi. Namun tentu kembali ke masing-masing pribadi saja.

Share
Mar 20, 2018 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.