Cara Mendeteksi Berita Hoax dengan Mudah

Cara Mendeteksi Berita Hoax dengan Mudah –  Beberapa waktu lalu Blogsteguh dan teman-teman Blogger Pontianak diundang untuk hadir dalam seminar melindungi diri di dunia digital, dimana dalam seminar tersebut juga banyak menyinggung tentang maraknya berita hoax yang saat ini terjadi di Indonesia.

pontianak, stop hoax, anti hoax

Blogger Pontianak hadir di seminar anti hoax yang di laksanakan di Canopy Center, Pontianak.

Bagaimana berita bohong atau hoax dapat berkembang pesat di Indonesia?? karena jumlah pengguna Internet yang sangat tinggi namun tidak di imbangi dengan tingkat pengetahuan yang cukup di dunia internet.  Hal tersebut membuat berita hoax dengan mudah tersebar apalagi sebagian user internet di indonesia sangat malas untuk mencari tahu kebenaran sebuah berita parahnya ada sebagian yang dapat menyimpulkan sebuah berita hanya dengan membaca judul.

Data dari APJII tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet dan media sosial paling massif. Internet user ada 132 juta dari 252 juta penduduk dimana pengguna mobile internet user ada sekitar 93 juta dan untuk pengguna facebook ada 70 juta, Instagram 19 juta serta youtube 14,5 juta. Hal tersebut dimanfaatkan oknum penebar hoax untuk mendapatkan pundi-pundi uang hingga kepentingan dari celah tersebut.

Lalu bagaimana kita mengatasi hoax yang terlalu masif menyerang Indonesia?

  1. Lihat dulu sumber media yang menyebarkan berita tersebut, jika tidak kredibel jangan langsung share berita tersebut.
  2. Jangan mudah terhasut dengan judul yang provoaktif.
  3. Tanya kepada yang ahli, contoh jika menemukan berita hoax tentang kesehatan tanyalah langsung terhadap orang yang lebih paham semisal dokternya.
  4. Bergabung di forum-forum anti hoax semisal di facebook gabung di grub Indonesian Hoaxes atau Forum Anti Fitnah dan Hasut.
  5. Download aplikasi di Playstore cari dengan nama “Hoax buster tool”.

Bahaya berita hoax memang sangat meresahkan, seperti beberapa waktu lalu di daerah saya ada seorang kakek yang meninggal akibat korban hoax. Tentu kalian masih ingat hoax tentang orang pura-pura gila masuk kekampung untuk menculik anak? nah kakek tersebut meninggal diamuk masa karena di curigai sebagai penculik. Padahal ia kekampung tersebut ingin menjenguk cucunya yang lama sudah tidak bertemu, namun apa?? maut yang ia temui bukan sang cucu.

Tentunya kita tidak maukan kejadian seperti diatas kembali terjadi lagi, jadi bijak lah bersosial media karena sosial media diciptakan untuk kita bahagia mempertemukan teman-teman lama, berinteraksi tanpa harus bertatap muka bukan untuk menebar kebencian, menyebar berita bohong yang nantinya malah memperkeruh kondisi di Indoensia.

Share
Mar 2, 2018 - Posted by Blogsteguh - 1 Comment
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

One Response to “Cara Mendeteksi Berita Hoax dengan Mudah”

  1. Ningspara berkata:

    Literasi yes. Hoax no.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.