Perjalanan Astra dalam 60 Tahun Menginpirasi Indonesia

Perjalanan Astra dalam 60 Tahun Menginpirasi Indonesia – Astra, siapa yang tidak mengenal perusahaan satu ini?perusahaan yang saat ini telah mencapai umur yang ke 60 ini sudah banyak sekali berkontribusi untuk bangsa Indonesia. Perusahaan ini sendiri lahir di tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc lalu di tahun 1990 namanya diubah menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat. Saat ini Astra memiliki 218.773 karyawan pada 212 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan pengendalian bersama entitas yang menjalankan tujuh segmen usaha.

Perjalanan Astra dalam 60 Tahun Menginpirasi Indonesia

Dalam 60 tahun berkiprah di Indonesia Astra tetap mengusung filosofi Catur Dharma, dimana Darma pertama dari Catur Dharma adalah menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kedua, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ketiga, menghargai individu dan membina kerjasama. Darma keempat, senantiasa mencapai yang terbaik.

Inspirasi Astra di Bidang Pendidikan

Program Pendidikan Astra Yang Berkerjasama dengan Kementrian Perindustrian, Sumber Gambar: smkmuhpatuk.sch.id

Banyak sekali Program Astra yang sangat menginspirasi, seperti dibidang pendidikan dimana Astra melalui AHM memberikan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda bersama 648 SMK yang tersebar di 30 Provinsi. Dari sekolah-sekolah binaan AHM ini tentunya dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja.

Inspirasi Astra di Bidang Sosial

Program #BerkahSenyum dari Asuransi Astra

Dibidang sosial pihak astra beberapa bulan yang lalu juga membuat program yang menurut saya sangat menginpirasi. Dengan hastag #BerkahSenyum pihak astra mengajak masyarakat untuk berfoto sambil tersenyum, lalu dari satu foto yang kita unggah di sosial media tersebut pihak Astra menggantinya dengan satu paket bantuan untuk para manula di panti werdha.

Inspirasi Astra di Bidang Lingkungan Hidup

yang paling menginspirasi dari Astra adalah dalam bisnisnya Astra selalu melakukan proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan sendiri mkasudnya Astra selalu mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lain. Oleh karena itu, salah satu aspek lingkungan yang senantiasa menjadi perhatian Astra adalah konsumsi sumber daya alam. Astra dan seluruh entitas bisnisnya secara terus-menerus meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan material, sumber daya alam, energi serta mengelola limbah dengan baik melalui program-program Cleaner Production yang diimplementasikan di masing-masing anak perusahaan. Hal tersebut diwujudkan pada beberapa Kebijakan Astra yang ditetapkan pada tahun 2014:

  • Penerapan Astra Green Company minimal BIRU (comply regulation) untuk seluruh anak perusahaan.
  • Efisiensi sumber daya alam minimal sebesar 5% per satuan produk dibandingkan tahun 2013, melalui penerapan program cleaner production dan menggunakan renewable energy.
  • Melaksanakan efisiensi energi dan menurunkan Gas Rumah Kaca (GRK) 2%.
  • Mengupayakan pemenuhan regulasi PROPER melalui “Road To be Green PROPER”.

Masih banyak lagi program Astra dalam membangun negeri yang patut di contoh oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Share
Des 8, 2017 - Posted by Blogsteguh - 1 Comment
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

One Response to “Perjalanan Astra dalam 60 Tahun Menginpirasi Indonesia”

  1. reviewapaaja berkata:

    tak terasa sudah 6o tahun ya astra, semoga tetap menginspirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.