Sehari di Tunku Abdul Rahman Park, Surga Baharinya Sabah

Sehari di Tunku Abdul Rahman Park, Surga Baharinya Sabah – Sabah negeri di bawah bayu (land below the wind) sebuah frasa masa lalu yang digambarkan pelaut masa lalu, kota yang berada diujung pulau borneo ini merupakan kota terbesar kedua setelah Sarawak dan terkenal memiliki wisata bahari yang sangat mengagumkan dan saya sangatlah beruntung karena berkesempatan untuk menikmati hal tersebut.

Manukan Island

Yup, menyambung tulisan sebelumnya saya dan 10 Blogger Indonesia berkesempatan untuk menjelajahi Sabah selama 5 hari dan tujuan pertama adalah berkeliling Tunku Abdul Rahman Park yang merupakan sebuah taman laut dengan gugusan 5 pulau di dalamnya yaitu pulau manukan, sapi, gaya, mamutik dan sulug. Banyak wahana laut keren yang tersedia di sini dan saya akan menceritakan beberapa hal yang sudah saya nikmati.

Cerita pertama berkeliling di Tunku abdul rahman park dimulai saat kami keluar dari hotel, di lobby sudah menunggu pak Junaidi seorang tourguide yang akan menemani kami selama di Sabah. Saat semua telah berkumpul beliau mulai melakukan briefing tentang aktivitas apa saja yang akan kami lakukan di Tunku Abdul Rahman Park. Setelah breifing selesai kami mulai berjalan menuju Jesselton Point sebuah dermaga tempat kami akan menaiki speedboat untuk menuju ke 5 gugusan pulau di Tunku Abdul Rahman Park. Jarak Jesselton point dari Grandis Hotel tempat kami menginap hanya sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Tiket speedboat untuk mengelilingi pulau-pulau disini berkisar 23RM perpulau, jika ingin mengelilingi semua pulau kalian bisa mencarter speedboat dengan membayar 204RM.

Blogger Indonesia smapai di pulau Manukan

Speedboat yang kami akan naiki telah siap, kami segera menaiknya namun sebelumnya kapten kapal meminta kami menggunakan lifejacket untuk keamanan kami selama di speedboat, serta segera mengisi form pengunjung untuk pendataan. Form telah dikumpulkan, speedboatpun sudah mulai bergerak meninggalkan dermaga dan beberapa menit kemudian kami sampai di tujuan pertama yaitu pulau manukan, pulau terbesar kedua dari kelima pulau yang ada di tengku abdul rahman park ini, disini kalian bisa menikmati beberapa wahana yang tersedia dan saya hanya melakukan snorkling. Laut yang biru membuat saya bisa melihat segala yang ada didalam laut, pantai pasir yang putih serta ombak yang sangat pelan sungguh ciptaan tuhan yang indah. Bagi yang ingin menginap, disini juga banyak tersedia penginapan mulai dari yang memiliki fasilitas lengkap hingga yang biasa saja tersedia disini. selain itu, juga tersedia banyak cafe jadi kalian tidak akan kelaparan selama di Manukan Island. 1 Jam telah berlalu di pulau manukan, sudah saatnya kami melanjutkan ke tempat lainnya.

Snorkling dan Sea Walking di Borneo Reef World

Borneo Reef World, Kota Kinabalu

Nah ini merupakan tempat kedua kami bermain air, disini kami bisa menikmati beberapa wahana seperti snorkling, scuba walk, kayaking, jet ski, banana boat, scuba diving, parasailing dan underwater observatory. Sebenarnya borneo reef world ini merupakan sebuah ponton yang mengambang ditengah laut antara pulau sapi dan pulau gaya jaraknya juga cukup dekat hanya 20 menit dari jesselton point.

Snorkling di Borneo Reef World bareng kak Iren

Oke kembali kecerita, disini saya mencoba 2 kegiatan yaitu sea walk dan snorkling. Karena giliran untuk sea walk saya masih lama,jadi hal pertama yang saya lakukan adalah snorkling, Kalian juga jangan khawatir dengan kemananan saat bersnorkling, karena sudah ada tanda batas jarak untuk snorkling dan pengawasan yang ketat dari borneo reef world. Tak ketinggalan saya juga dilengkapi dengan lifejacket. Snorkling disini terasa aman dan menyenangkan. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan terumbu karang yang sangat indah serta melihat ikan-ikan yang sedang bermain. Tak terasa 20 menit sudah saya memutari dan melihat bawah laut, sebenarnya beelum puas mengitari bawah laut namun jadwal untuk sea walk sudah akan dimulai hingga sayapun bergegas untuk naik keatas ponton. Ini merupakan pertama kali saya melakukan kegiatan sea walk, saya sungguh exited dan tidak ada rasa takut untuk mencoba kegiatan ini. karena jujur ini merupakan kegiatan yang saya tunggu-tunggu.

Pengalaman Pertama Sea Walk

Untuk masuk kedalam laut saya harus bersabar lagi karena kami dibagi menjadi 2 kelompok. Sayang sekali jumlah helmย  untuk menyelam hanya tersedia 6 buah dan saya mendapat giliran di kelompok kedua. 15 menit telah berlalu grup pertama akhirnya naik dan sekarang giliran saya untuk masuk kedalam. 1, 2, 3 and then akhirnya saya masuk kedalam laut dengan mulus, pada sea walk para penyelam menggunakan helm yang lumayan berat, didalamnya dialiri oksigen untuk bisa bernafas didalam laut. Lanjut saat dibawah lautย  terdapat ruang sekitar 10 meter persegi, disanalah saya dan teman-teman berdiri sambil melihat keadaan dibawah laut melihat berbagai jenis ikan yang berenang kesana kemari, terumbu karang serta dua orang penjaga yang juga sekaligus melakukan atraksi unik di bawah laut.

Barbeque di Pulau Sapi

Pulau Sapi

Setelah puas bermain air di borneo reef world, rute selanjutnya kami diantar ke pulau sapi. Disana kami akan beristirahat sejenak di tepi pantai sekaligus menikmati makan siang dengan menu seafood yang dipanggang atau bahasa kerennya barbeque. Disini, kondisi pantainya lebih ramai dibandingkan pulau manukan. Banyak turis wanita berbikini mulai dari eropa hingga asia yang sedang berjemur, sungguh pemandangan yang sangat luar biasa bagi saya haha.

Zipline di Pulau Gaya

Perut sudah kenyang, tenaga sudah terisi kembali dan saatnya kami melanjutkan aktivitas. Sesuai jadwal kali ini kami akan melakukan zipline di pulau gaya. Untuk sampai kepulau gaya, kami kembali diantar dengan speedboat dari pulau Sapi. Hanya butuh waktu lima menit untuk sampai ke pulau gaya. Pulau gaya sendiri merupakan pulau terbesar yang ada di tengku abdul rahman park, pulau ini memiliki kontur wilayah yang berbukit. Selang beberapa menit sampailah kami di pulau gaya, disana kami langsung di sambut oleh beberapa pemandu. lalu selanjutnya kami di berikan arahan serta mengenakan perlengkapan pengamanan. Sekitar 20 menit waktu yang dibutuhkan untuk mendaki bukit agar bisa menikmati aktivitas zipline. Akhirnya tibalah kami diatas, disana telah menunggu dua orang yang akan memandu kami untuk menyebrang ke pulau Sapi dengan menggunakan zipline. Sungguh sensasi yang mengesankan meluncur dari atas ketinggian dengan view yang luar biasa indah. Waktu yang ditempuh untuk sampai keseberang hanya sekitar 30 detik.

Tak terasa hari sudah mulai gelap, sungguh pengalaman yang mengesankan berkeliling tengku abdul rahman park dan mencoba beberapa kegiatan seperti sea walk dan snorkling di borneo reef world serta zipline di gaya island tak lupa daya pikat pantai-pantai disini yang sugguh indah. Saya rasa tak cukup sehari untuk berkeliling di taman laut ini. Jika kalian ke Sabah jangan lupa untuk mengunjungi tengku abdul rahman park dan mencoba semua aktivitas yang ada disini. Terima kasih Air Asia dan Sabah Tourism Board yang telah mensupport perjalan kami selama 5 hari di Sabah.

Oct 2, 2017 - Posted by Blogsteguh - 14 Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

14 Responses to “Sehari di Tunku Abdul Rahman Park, Surga Baharinya Sabah”

1. indra pradya says:

seru banged yaaa main main di pantai…keliling island…. iceland…eh aaah.. cha cha cha cha…. btw kalo bayar 23 ringgit per pulau berapa ringgit lah kita kudu bayar semua kemarin hahahahaha…. beruntung yaaahhh kakak Dodon ajak kita dan Sabah Tourism Board undang kita dan air asia cover flight kita…hhmm….next kita trip kemana yaaa….????

duniaindra.com

2. iqbal says:

Keren mas teguh, seru sekali bisa liburan bareng sesama blogger di indonesia, terinspirasi ๐Ÿ˜€

3. Wawan Agusti says:

Dari gambar nya saja sudah bagus apalagi kalau datang kesana.

4. Ega Tiara says:

Kereennn….!!! All is awesome! Aku pengen semuanyaaaa

5. Naz says:

Keren tempatnya…mau nanya kesana biaya pribadi atau sponsor

6. Irene says:

Kece bingit photo kita lagi snorkeling itu! Tadinya si Teguh ngga ngeh aku colek2, maksudnya poto bareng guuuuuh hahaha

7. Bee Balqis says:

Sea walk same zipline ne mesti dicobe nih kalau ke sabah