Meriahnya Hari Jadi Kota Pontianak yang ke 246

Meriahnya Hari Jadi Kota Pontianak yang ke 246 – Kota Pontianak tepat beberapa hari yang lalu merayakan hari jadinya yang ke 246, dengan tagline tahun ini adalah “Pontianak Luar Biase” banyak event yang terselenggara untuk memeriahkan hari jadi Kota Pontianak dimulai Pameran ekonomi kreatif, kirab budaya, fashion road, drum band, festival permainan anak tradisional, festival meriam karbit dan ditutup dengan Pontianak bejepin.

Namun sebelum menceritakan kemeriahan dalam menyambut hari jadi Kota Pontianak, mari kita lihat Kota Pontianak beberapa tahun kebelakang yang saya lihat sedang gencar-gencarnya membangun dengan intruksi Walikota Pontianak, Pak Sutarmidji.

Dimulai dari tatakelola infrastruktur yang saya rasa sudah mulai membaik, taman-taman yang dulunya kurang terawat sekarang sudah di bangun dan dirawat dan di desain ala masa kini, seperti taman di gulist yang saat ini sudah sangat baik, banyak spot-spot masyarakat melakukan olahraga di tempat ini. Alun-alun kapuas juga terasa lebih tertata rapi, kesan lama dari alun-alun kapuas juga sudah memudar. Taman baca juga sudah banyak tersedia yang diharapkan dapat menambah minat baca masyarakat Kota Pontianak.

Jalanan raya juga sudah lebih baik saat ini, sudah jarang terlihat jalanan yang berlubang meski di beberapa titik masih ada yang perlu di perbaiki. Pelebaran jalan yang hampir disetiap sudut kota membuat arus lalu lintas menjadi lebih terasa lega. Tak lupa pengelolaan sungai-sungai di Kota Pontianak juga lebih baik. Dibidang pendidikan pemerintah Kota Pontianak juga menyediakan bus-bus untuk mengatar para siswa yang akan ke sekolahnya.

Tak hanya di bidang infastruktur Pemerintah Kota Pontianak juga konsen di bidang teknologi dengan membuat Kota Pontianak menjadi Smart City, dengan merangkul anak muda di Kota Pontianak menciptakan sebuah aplikasi keren bernama Gencil dimana dengan aplikasi ini warga Pontianak dapat mengetahui kondisi Kota Pontianak, seperti harga pangan pasar yang update, tempat wisata, tempat makan serta masyarakat juga bisa melakukan pelaporan tentang keluhan yang ada di Kota Pontianak. Pemerintah Kota Pontianak juga mulai mensosialisaikan penggunaan uang elektronik guna mewujudkan program Pontianak Smart City.

Kembali ke Pontianak 246 yang sudah lewat beberapa hari yang lalu, saya hanya bisa menyaksikan dua event keren yang tersedia

Pagi itu, cuaca sedang cantik cantiknya. Tepat di hari minggu tanggal 22 Oktober 2017 kemarin, Kota Pontianak mengadakan festival kirab budaya yang baru pertama kali dilaksanakan dalam menyambut hari jadi kota ini. Kota Pontianak sendiri dihuni multietnis dan hidup secara berdampingan secara damai oleh sebab itu festival ini diadakan untuk memperlihatkan ke masyarakat bagaimana keunikan, kekhasan, dan seni budaya yang ditampilkan dari masing-masing budaya yang ada di Kota Pontianak.

Waktu sudah menunjukan pukul 8 pagi, para peserta kirab budaya sudah berkumpul disekitaran Jl Gajah Mada, Pontianak. Dipilihnya Jl. Gajah Mada sendiri dikarenakan kawasan ini banyak terdapat Hotel-hotel tempat dimana para turis menginap, sehingga para wisatawan juga dapat langsung menyaksikan bagaimana keberagaman etnis di Kota Pontianak

Share
Oct 31, 2017 - Posted by Blogsteguh - 1 Comment
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

One Response to “Meriahnya Hari Jadi Kota Pontianak yang ke 246”

  1. aku belum kesampaian main ke ponti, kayaknya sekarang udah mulai banyak pembangunan di kota sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *