Jalan-Jalan ke Cagar Budaya di Sekitar Kampung Cina Bekasi

Jalan-Jalan ke Cagar Budaya di Sekitar Kampung Cina Bekasi – Baru-baru ini berbagai macam tempat wisata di Bekasi mulai bermunculan. Mulai dari Curug Parigi, Situ Cibeureum, Water Park dan masih banyak tempat-temat wisata baru lainya.

Curug Parigi di Bekasi via. lifestyle.liputan6.com

Namun, dari sekian banyak pilihan wisata di daerah Bekasi, terdapat satu kawasan menarik lainnya yang patut untuk dikunjungi.

Kawasan tersebut adalah Kampung Cina. Hampir sama dengan kawasan kampung Cina di daerah-daerah lainnya, tempat ini identik dengan peninggalan sejarah dan cagar budaya.

Nah, jika kita berencana untuk berkunjung ke Bekasi berwisata di tempat ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Lalu, apa saja tempat-tempat wisata yang berada di sekitar Kampung Cina Bekasi

  1. Tugu Agus Salim

via. lovebekasi.com

Tempat pertama yang bisa kita tuju adalah sebuah Tugu bernama Agus Salim. Sebuah monumen berbentuk segi empat yang menggambar berbagai pertempuran antara pejuang Indonesia dengan pasukan sekutu saat terjadi Agresi Militer Belanda yang ke II pada tahun 1948.

Tugu ini dibangun untuk memperingati berbagai peristiwa penting yang terjadi di sekitar daerah Bekasi saat itu, peristiwa Kali Abang, Meda Satria, Kranji dan cerita-cerita perjuangan lainnya yang dilakukan oleh pemuda Indonesia.

Catatan sejarah menyebutkan, Tugu Agus Salim pada awal dibangun ikut melibatkan beberapa material seperti pecahan peluru, granat tangan, mortir hingga selongsong peluru bekas setelah agresi militer terjadi.

Namun, jika kita datang langsung ke Tugu Agus Salim, bagian-bagian kecil dari gambaran perjuangan masyarakat Indonesia saat itu tidak terlalu jelas, karena jarak antara pengunjung dan Tugu cukup jauh.

Apalagi, di sekeliling Tugu dipasangkan sebuah rantai pembatas agar pengunjung tidak berdiri sangat dekat dengan monumen ini.

Namun, dari Tugu Agus Salim kita bisa belajar dan mengetahui informasi sejarah bahwa di masa lalu, masyarakat di Sekitar Bekasi selalu berusaha untuk mengembalikan Indonesia menjadi satu dengan berusaha mengusir pasukan sekutu.

  1. Klenteng Hok Lay Kiong

via. indochinatown.com

Jika berbicara kampung Cina, bayangkan kita akan selalu mengarah dengan kehadiran sebuah Klenteng. Hal yang sama juga terjadi saat kita akan menjelajahi destinasi wisata di Bekasi yang satu ini. Sebuah Klenteng bernama Hok Lay Kiong dengan luas kurang lebih 650 meter persegi menjadi salah satu destinasi budaya berikutnya yang wajib untuk dikunjungi.

Klenteng Hok Lay Kiong yang konon kabarnya sudah berusia 350 tahun lebih ini berada di gang yang cukup kecil. Ciri khas warna merah yang berarti pembawa keberuntungan melekat di setiap sisi Klenteng.

Selain itu, nama dari Hok Lay Kiong sendiri bermakna sebuah istana yang akan memberikan banyak rezeki kepada pengunjungnya.

Seperti halnya Klenteng yang lain, di tempat ini terdapat beberapa altar atau tempat berdoa bagi para pengunjung yang ingin menyampaikan permohonannya.

Tentu saja, Klenteng ini akan semakin ramai jika perayaan Imlek atau Cap Gomeh, karena banyak masyarakat yang datang untuk melihat atau mengabadikan kegiatan masyarakat dengan kepercayaan Kong Hu Chu di tempat ini.

Nah, bagi yag belum pernah berkunjung ke Klenteng Hok Lay Kiong, tempat Ibadah ini selalu buka dari jam 6 pagi hingga 11 malam setiap harinya.

  1. Masjid Al Arief

via. bekasiurbancity.com

Tempat wisata di Bekasi lainnya yang memiliki banyak cerita sejarah adalah Masjid Al Arief.

Masjid yang dahulunya bernama Al Mujahirin ini kaya dengan nilai-nilai sejarah. Masjid yang dibangun pada tahun 1944 ini ternyata merupakan tempat pergerakan berbagai aktivis untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

Kini, meskipun tidak lagi menjadi pusat pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia, Masjid Al Arief tetap ramai untuk dikunjungi. Bagi yang menyukai wisata sejarah, tempat ini tentunya akan memunculkan pembuktian-pembuktian baru tentang informasi sejarah masyarakat Bekasi.

Sementara itu, bagi yang ingin berwisata religi, Masjid Al Arief pun menjadi salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi karena di tempat ini kita bisa belajar tentang bagaiman pemuda-pemuda muslim saat itu berjuang untuk mengusir penjajah dan berusaha untuk menyatukan Indonesia.

Share
Oct 31, 2017 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *