Peran UKM Memberikan Inspirasi Dalam Kemajuan Pembangunan di Balikpapan

Peran UKM Memberikan Inspirasi Dalam Kemajuan Pembangunan di Balikpapan – Peran UKM dalam pembangunan daerah saat ini sangatlah penting dengan kurangnya lapangan kerja baru di Indonesia, UKM bisa menjadi alternatif. Selain itu, UKM juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi terlebih setelah krisis moneter yang melanda Indonesia di tahun 1997.

Advertising

Pada saat ini, UKM memiliki kontribusi yang besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Indonesia tak terkecuali di Balikpapan, demi mempercepat kemajuan pembangunan kotanya pemerintah lokal sedang gembor-gembornya membantu UKM lokal seperti memberikan sertifikasi halal gratis. Hingga saat ini ada lebih dari 168 perusahaan, termasuk pelaku UKM yang sudah memiliki sertifikat halal di Kota Balikpapan.

Selain itu berkat kerja keras semua elemen yang ada, Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota terbaik ke 3 di bidang perdagangan hal tersebut tak terlepas dari peran UKM di Balikpapan yang sangat di dukung penuh oleh pemerintah setempat.

Selaras dengan hal tersebut, Astra Honda Motor juga memiliki Program yang memajukan UKM daerah sebagai bagian dari Inspirasi 60 Tahun Astra. Seperti yang Astra berikan untuk sebuah program UKM di Bekasi melalui Youthpreneurship yang diikuti pemuda putus sekolah yang tinggal di lingkungan sekitar pabrik AHM Cikarang, Kabupaten Bekasi. Program ini membekali pengetahuan dan modal kerja sehingga mereka bisa langsung praktik berwirausaha.

AHM BERDAYAKAN EKONOMI PEMUDA LEWAT PROGRAM YOUTHPRENEURSHIP, Sumber: http://www.astra-honda.com

Sebagai bagian dari upaya melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan, AHM kali ini memilih memberikan pelatihan kewirausahaan jasa perbaikan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Kegiatan ini dimulai akhir tahun lalu dengan memilih pemuda yang tidak sempat mengenyam bangku kuliah di Cikarang, Bekasi. Setelah melakukan proses seleksi dengan memperhatikan potensi dan minat, sebanyak70 pemuda putus sekolah berusia 18-21 tahun terpilih untuk mengikuti program youthpreneurship ini. AHM memberikan mereka paket latihan yang komprehensif mulai pelatihan pembentukan karakter, mental kewirausahaan, hinga keterampilan memperbaiki AC.

Setelah melalui proses pendidikan dan pelatihan, AHM melakukan seleksi untuk mendapatkan peserta terbaik. Terpilih 11 peserta terbaik yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok unit usaha kecil (UKM) yaitu UKM Jatiwangi Jaya Service yang berlokasi di Kampung Babakan Desa Jatiwangi dan UKM Asa Teknik Mandiri yang berlokasi di Cibitung. Secara simbolis, penyerahan bantuan peralatan kerja perbaikan AC kepada kedua kelompok tersebut.

Dalam momen penyerahan bantuan alat perbaikan AC ini, juga digelar talkshow kewirausahaan dengan pembicara Hisyam Sulaeman (Anggota Bakrie Foundation dan Pendiri Yayasan Asa Mandiri Bangsa) dan Yudi Yozardi (CSR Manager AHM). Talkshow ini juga mengundang perwakilan industri dan pengelola Kawasan Industri MM2100, Kementrian Tenaga Kerja, dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi ini sehingga diharapkan dapat semakin membuka wawasan peserta pelatihan tentang wirausaha dan pengembangan networkingnya.

Tentunya Inspirasi dari Kota Balikpapan yang memajukan UKMnya dan meraih penghargaan dapat menjadi inspirasi seluruh wilayah di Indonesia dan tentunya AHM juga akan dengan senang hati membantu agar terwujudnya Indonesia sebagai negara yang mandiri.

Referensi:

http://www.astra-honda.com

http://www.klikbalikpapan.co

http://balikpapan.go.id/read/1001/penghargaan

Share

Apr 23, 2017 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *