Balikpapan Kota Sehat Inspirasi Indonesia

Balikpapan Kota Sehat Inspirasi Indonesia – Balikpapan merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur, kota yang terkenal dengan sebutan kota minyak memiliki luas wilayah yang cukup besar mencapai 503,3057 KM2 dengan jumlah penduduk mencapai 706.414.

Sekilas tentang sejarah kenapa di sebut kota minyak karena besarnya produksi minyak yang dihasilkan yang mencapai 86 juta barrel per tahun. Perkembangan industri minyak inilah yang telah membangun Balikpapan menjadi kota industri. Namun Saat ini Balikpapan tidak lagi menjadi Kota Minyak yang berorientasi pada pengeboran melainkan pada jasa pengolahan minyak yang telah mengolah minyak mentah dari sekitar Balikpapan, yaitu Sepinggan, Handil, Bekapai, Sanga-sanga, Tarakan, Bunyu dan Tanjung serta minyak mentah yang diimpor dari negara lain.

Advertising

Namun dengan banyaknya ladang minyak yang ada di Balikpapan tidak membuat kota ini menjadi kota yang rawan penyakit, pemerintah kota Balikpapan memiliki cara agar warganya tetap sehat itu terbukti dengan penghargaan yang di peroleh kota Balikpapan sebagai Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kesehatan selama 5 tahun berturut dari tahun 2012 hingga tahun 2016.

Astra Sehat, Sumber: http://satu-indonesia.com

Inspirasi yang di berikan kota Balikpapan tentang caranya membuat warganya sehat juga selaras dengan Astra, dengan program Satu Indonesia Awards terkusus di bidang kesehatan yaitu Astrasehat dalam bagian Inspirasi 60 Tahun Astra pihak astra mendukung secara penuh program kesehatan dimanapun astra berada tak ada pengecualian. Banyak program astra tentang kesehatan yang membantu pemerintah lokal dalam meningkatkan mutu kesehatan di daerahnya salah satu program astra tentang kesehatan adalah dengan meluncurkan program Mobil Kesehatan Astra (MOKESA).

Mobil Kesehatan Astra, Sumber Gambar: https://auto2000.co.id/csr/laporan-csr/

Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) adalah bantuan Astra bagi masyarakat di sekitar instalasi Astra khususnya di di wilayah kelurahan Sungai Bambu, Warakas, Papanggo dan kebon Bawang, Jakarta Utara, dalam bentuk layanan kesehatan bebas biaya di atas kendaraan yang dimodifikasi menjadi pusat layanan kesehatan. Mokesa memberikan layanan pemeriksaan dasar, pemeriksaan darah dan pemeriksaan gigi bagi siswa PAUD.

Tahun 2013, Astra berpartisipasi dalam memberikan bantuan pelayanan kesehatan gratis melalui Mokesa kepada 1.801 korban banjir 2013 di lingkungan Kelurahan Sungai Bambu, Warakas, Papanggo dan Kebon Bawang dan Muara Karang Jakarta Utara. Kini Mokesa direplikasi oleh Astra Honda Motor, PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation, United Tractors, Isuzu Astra Motor Indonesia dan Astra Daihatsu Motor. Jumlah masyarakat yang dilayani Mokesa pada 2013 mencapai 8.688 pasien dan pemeriksaan gigi bagi 703 siswa PAUD.

Selain itu juga terdapat program lainnya seperti Posyano yang berbasi Teknologi dimana Astra mengembangkan Posyandu di Sungai Bambu, Warakas, Papanggo dan Kebon Bawang dengan dilengkapi teknologi informasi. Program Posyandu berbasis IT ini membedakan aktivitas operasional posyandu pada umumnya dimana posyandu konvensional masih melakukan perhitungan secara manual untuk mengetahui keadaan status gizi anak dari hasil pemeriksaan di posyandu sedangkan dengan program Posyandu berbasis IT keadaan status gizi anak secara otomatis dapat diketahui cukup dengan memasukan hasil pengukuran kedalam software. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kualitas pelayanan posyandu. Melalui program ini, Astra berupaya memadukan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi untuk mendukung layanan Posyandu.

Astra juga melakukan pembinaan kepada para kader-kader posyandu melalui pelatihan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, makanan sehat dan dampak perokok pasif. Pelatihan yang diikuti oleh 30 kader dari 10 posyandu binaan Astra, merupakan bagian dari rangkaian program pengembangan Posyandu berbasis IT yang terdiri atas pengembangan software, hardware dan brainware.

Hingga 2013, PT Astra International Tbk telah membantu pembangunan 8 gedung Posyandu yang terintegrasi dengan PAUD, sekretariat RW dan sekretariat PKK. Fasilitas ini dibangun berstandar Astra. Posyandu binaan PT Astra International Tbk sebanyak 34 unit tersebar di Kelurahan Sungai Bambu, Warakas, Papanggo dan Kebon Bawang, Jakarta Utara; wilayah dimana Kantor Pusat dan sebagian instalasi Astra beroperasi tentang kehutanan, keanekaragaman hayati serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia. Selain itu, lahan ini juga dilengkapi dengan infrastruktur seperti jalan umum dan musholla.

Terinspirasi dari Kota Balikpapan tentang bagaimana membangun kota yang luas dan menjadikan kotanya sehat juga selaras dengan program Astrasehat semoga dapat menjadikan seluruh warga di Indonesia menjadi sehat.

Referensi:

http://balikpapan.go.id/read/46/sejarah

http://balikpapan.go.id/read/1001/penghargaan

http://satu-indonesia.com/AstraUntukIndonesiaSehat/

http://satuindonesia.azurewebsites.net/kesehatan.php

Share
Apr 29, 2017 - Posted by Blogsteguh - No Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *