ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Impian Para Gamers

asus

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Impian Para Gamers – Asus ROG kembali membuat gempar para gamers dunia dengan mengeluarkan seri terbaru notebook gaming dengan teknologi grafis Nvidia Pascal, Asus merupakan vendor pertama yang memberikan teknologi terbaru tersebut kedalam notebooknya yaitu di dalam tubuh ASUS ROG GL502VS. Blogsteguh sendiri telah mencoba betapa hebatnya ASUS ROG GL502VS meski hanya sebentar, berikut review singkat yang dapat saya ceritakan untuk kalian para gamers.

dapurpacu

Advertising

Bukan karena pascalnya yang membuat notebook game ini layak untuk dimiliki untuk kalian para gamers, hal lain yang membuat menjadi “geregetan” adalah prosesor yang tertanam di dalam Asus ROG GL502VS. Untuk memuaskan para penggunanya, ASUS menanamkan prosesor Intel Core i7 6700HQ berbasiskan arsitektur CPU Skylake. Prosesor terbaru ini merupakan tipe quad core dan sudah dilengkapi dengan teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan 8 proses sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 2,6 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi secara otomatis hingga mencapai 3,5 GHz berkat teknologi Turbo Boost 2.0 didalamnya. Tentu saja tingginya nilai Turbo Boost 2.0 clock speed tersebut dapat dicapai pada saat kondisi tertentu seperti memainkan game berat, render video yang membutuhkan tenaga extra prosesor.

Berikut perbandingan tingkatan prosesor, dapat terlihat di gambar tingginya kekuatan prosesor yang dimiliki oleh ROG GL502VS dengan skor 8000.

screenshot_6

Benchmark Intel Core i7 6700HQ sumber: http://laptoping.com/cpus/product/intel-core-i7-6700hq/

grafis

Untuk menemani kegaharan Intel “Skylake” Core i7 6700HQ pada tubuh ASUS ROG Strix GL502VS, Asus menyadingkannya dengan Kartu grafis NVidia GeForce GTX1070M 8GB DDR5 (G-Sync) yang telah didukung VR Game dan Microsoft® DirectX® 12.

Teknologi G-Sync sendiri pada ROG Strix GL502VS merupakan teknologi terbaru dari Nvidia, dimana teknologi ini dapat mengeliminasi lag dan frame rate yang patah, biasanya ditemukan pada saat kita menggunakan V – Sync. Teknologi g-sync mensinkronkan refresh rate dari layar monitor dengan GPU, hal tersebut dapat mengurangi lag serta frame rate tersendat dan hebatnya hal tersebut berjalan tanpa mengurangi peforma dari sistem yang kita punya. Jadi bermain game akan lebih sempurna dengan adanya teknologi ini.

screenshot_9

Sumber gambar : https://www.asus.com/id/Notebooks/ROG-GL502VS/

Untuk yang ingin mencoba pengalaman bermain game secara lebih nyata, kartu grafis dari ASUS Strix GL502VS telah mendukung teknologi Immersive Virtual Reality dimana pada teknologi ini peningkatan kecepatan dan efisiensi tenaga untuk menghasilkan performa yang menawan dalam menjalankan game berbasis Virtual Reality. Nikmati pengalaman Virtual Reality yang imersif, dengan sangat mulus dan lancar, low – latency, dan juga tanpa stutter atau lag.

ram

Dengan spesifikasi “otak” gahar yang sudah saya jabarkan diatas, ASUS Strix GL502VS dibekali memori / RAM sebesar 32 GB DDR4 2133MHz SDRAM berteknologi terbaru yang dapat meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan menekan pemakaian daya untuk mengimbangi prosesor serta kartu grafis yang dimiliki. Bukan hanya itu notebook ini juga masih bisa di tambah RAM dengan kapasitas sama karena tersedia 2 socket / slot RAM yang mendukung hal tersebut dapat terjadi.

storage

Untuk penyimpatan data dan operasi sistem pihak asus memberikan dua buah storage untuk notebook ini yaitu SSD (Solid State Drive) berkapasitas 256GB dan hardisk berkapasitas 1000GB dimana SSD diperuntukan khusus untuk OS dan aplikasi atau game sedangkan hardisk untuk penyimpanan data. Adapun kelebihan dari SSD adalah kecepatan akses data yang super cepat, sehingga mengurangi waktu menunggu. Boot up dari Asus ROG Strix GL502VS menjadi lebih cepat, membuka aplikasi juga jauh lebih cepat, dan memberikan anda waktu in-game loading yang lebih pendek sehingga Anda akan tetap terlarut serta fokus pada game yang anda mainkan.

Berikut hasil test benchmark SSD dan Hardisk dari ASUS ROG GL502VS dengan menggunakan aplikasi Crystall Disk Mark, dimana fungsi dari aplikasi ini sendiri untuk melihat kecepatan Read/Write sebuah drive.

hddssd

Semua spesifikasi gahar diatas dibungkus dengan operasi sistem Windows 10 Home yang tentunya original dari Microsoft.

desain

ASUS ROG Strix GL502VS meskipun sebuah notebook gaming namun asus tetap memperhatikan desain dari produk ini dengan mengusung layar berukuran lumayan besar, bermain game akan terasa lebih nyaman. Ukuran layarnya sebesar 15.6 inch dengan tingkat resolusi 1920 x 1080 pixels, dengan sudut pandang hingga mencapai kemiringan 178 derajat, maka anda akan dapat melihat layar dari sisi manapun terlebih dengan resolusi yang sudah Full HD. Sedangkan untuk bodinya sendiri memiliki dimensi sebesar 390 x 266 x 23.5 mm. Dengan ukuran yang besar diatas serta bodi yang dimilikinya ASUS ROG strix GL502VS hanya memiliki berat 2,3 KG. Cukup ringan dan sangat tipis untuk notebook gaming.

asuss

Sumber gambar: dokumnetasi pribadi

Sementara pada cover belakangnya di lapisi panel alumunium yang sudah diuji ketahanan terhadap guncangan dan cuaca ekstrim. Dengan logo khas Republic Of Games membuat penggunanya semakin bangga memilikinya, apalagi saat di bawa bermain di tempat public dijamin untuk sementara waktu semua mata akan tertuju pada notebook ini hehehe.

asss

Sumber gambar: https://www.asus.com/id/Notebooks/ROG-GL502VS/

Untuk bagian samping kedua sisi notebook ini di lengkapi dengan Port USB Type C yang reversibel memudahkan Anda untuk menhubungkan berbagai perangkat dan mentransfer data hingga 10Gbps via USB 3.1 Generasi ke-2 dengan kecepatan super cepat. Mentransfer sebuah film 2GB hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik yang tentunya jika media trasfernya juga mendukung teknologi tersebut. Kita juga bisa menghubungkan ROG Strix GL502 kelayar monitor yang lebih besar melalui mini DisplayPort untuk pengalaman bermain yang lebih mendalam.

Dengan desain yang apik diatas, speaker built-in telah diposisikan sedemikian rupa sehingga anda dapat merasakan secara maksimal kualitas suara audio pada saat anda bermain game.

kibod

Untuk keyboard nya sendiri, pihak Asus mendesainnya dengan sangat rapi dan spesial dengan red-backlit scissor-switch, yang menyuguhkan kedalaman tuts hanya 1.6 mm untuk memberikan sentuhan yang presisi saat mengetik biasa atau saat bermain game. Notebook ini juga memiliki tombol highlighted WASD, yang memudahkan para gamers untuk mengetahui dimana harus meletakkan jari anda jika dalam kondisi cahaya minim mengingat tombol WASD banyak sekali digunakan dalam bermain game. Selain itu, terdapat juga teknologi anti-ghosing yang tertanam pada keyboard ROG GL502VS dimana pada teknlogi ini kalian para gamers dapat menekan 30 tombol sekaligus dalam waktu bersamaan.

Pengguna ROG GL502VS juga tidak perlu khawatir akan suhunya, karena notebook ini sudah memiliki teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU ASUS ROG GL502VS dengan teknologi ini, pendinginan akan sangat maksimal meskipun dimainkan dalam waktu lama. Di samping itu, ASUS juga menyertakan fitur Ice Cool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

baterai

Asus ROG Strix GL502VS dibekali baterai 4-cell yang diklaim mampu memberikan daya hingga 6 jam ketika browsing di dunia maya. Sedangkan ketika digunakan untuk bermain game dengan mematikan fitur BatteryBoost bawaan Nvidia agar performa yang dikeluarkan tetap maksimal, Asus ROG Strix GL502VS mampu menyala hingga 1,5 jam.

gamingcenter

Sumber gambar: https://www.asus.com/id/Notebooks/ROG-GL502VS/

ROG Gaming Center bisa dikatakan pusat kontrol yang terintegrasi memberikan akses ke semua fungsi yang kita butuhkan. Disini kita dapat melihat informasi dari sistem, mengatur tombol makro untuk memudahkan in-game command, mengatur audio, atau bahkan merekam gameplay yang sedang dimainkan layaknya youtubers-youtubers di luar sana.

Dan tidak hanya itu saja , teknologi ASUS GameFirst III mengoptimalkan jaringan traffic sehingga Anda akan mendapatkan kinerja bermain game yang lebih cepat dan bebas lag. antar muka yang intuitif memberikan kenyamanan dalam mengatur 4 mode preset package priority ( Optimization, Game, Media Streaming, dan File Sharing).

hasisis

Dibawah ini adalah hasil benchmark atau uji peforma pada Asus ROG Strix GL502VS dari berbagai jenis aplikasi.

1. Benchmark Tes dari 3D Mark Fire Strike ASUS ROG GL502VS

Ini adalah salah satu aplikasi benchmark yang sangat popular, pada aplikasi ini terdapat bermacam komponen skor yang mempengaruhi nilai akhir. Seperti hasil yang yang dapat terlihat pada gambar di bawah ASUS ROG GL502VS mendapatkan skor 11400, untuk skor gaming laptop skor ini sangatlah tinggi dimana untuk skor laptop gaming standart adalah 10850.

3d-mark-fire-strike

Sumber Gambar: Email Asus

2. Benchmark Tes dari Aplikasi Cinebench R15

Cinebench R15 sendiri merupakan aplikasi pengujian untuk mengukur kinerja prosesor dalam me-render sebuah scene 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk points, semakin tinggi points yang dihasilkan, semakin baik.

benchmark-cinebench-cpu

Sumber Gambar: Email Asus

benchmark-cinebench-opgl

Sumber Gambar: Email Asus

3. Hasil Benchmark dengan Aplikasi PCMARK

Sama seperti hasil tes dari aplikasi lainnya diatas, hasil benchmark dari notebook ini sangatlah tinggi. Di PCMARK GL502VS mendapat skor 5801.

pc-mark-test

Sumber Gambar: Email Asus

Bagaimana skornya? sangat tinggi bukan di jamin game-game terkini akan mampu di mainkan dengan lancar tanpa lag dan tentunya dengan settingan rata kanan atau high.

in-game

Untuk lebih meyakinkan lagi kenapa Asus ROG GL502VS, merupakan notebook impiannya para gamers disini saya akan memperlihatkan video in game dan screenshoot yang ROG GL502VS lakukan dari berbagai sumber terpecaya.

Di bawah ini saya mulai dengan hasil screenshoot pada game Doom setting ultra, dapat terlihat dipojok kiri atas FPS dari game ini menyentuh angka 58 skor tersebut sudah jauh lebih dari cukup untuk bermain game dengan baik dan lancar.

scr-game-doom

Sumber: Email Asus

VIDEO

Sekelas game Battlefield 1 yang menurut beberapa gamers merupakan, game terberat yang saat ini beredar, dengan ROG GL502VS dapat dimainkan dengan resolusi ultra rata kanan, tanpa lag dan shuttering. Apalagi buat game sekelas DOTA 2, Point Blank atau Game House hehe.

Sumber Video : https://www.youtube.com/channel/UCuoB-fk_MnGSiDzMV7waFnw

Dan yang ini tes gaming menggunakan VR Box yang sudah sangat kompatibel dengan ROG GL520VS, di dalam video ini bisa kita lihat betapa lancarnya bermain game berbasis Virtual Reality, memberikan suasana baru dan berbeda dalam menikmati game.

Sumber Video: https://www.youtube.com/channel/UCvGu-ziKZoD2YlDJyNbHI0Q

Bagaimana? tidak perlu di ragukan lagi bukan kehebatan ASUS ROG Strix GL502VS, memang notebook impiannya para gamers, termasuk blogger ganteng seperti saya.

harga

Untuk harganya dengan teknologi terbaru yang dimiliki oleh ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook gaming impian saya ini di banderol dengan harga Rp30.299.000. dengan bonus Mouse Gaming ROG dan juga TAS khusus ROG.

kesimpula

Seteah cuap-cuap saya diatas yang telah saya jabarkan satu-persatu, kesimpulan yang dapat saya berikan perihal si ASUS ROG Strix GL502VS adalah:

Asus ROG dengan Tagline nya NO 1 Gaming Laptop benar-benar serius dalam membuat notebook ini, dengan spesifikasi yang sangat super dan berteknologi terbaru serta desain yang sangat cantik wajar jika produk-produk dari Asus ROG memiliki banyak Penggemar diseluruh dunia terlebih brand Asus yang melekat membuat ASUS ROG Strix GL502VS pantas untuk dimiliki untuk kalian para gamers, youtubers, dan blogger ganteng seperti saya *eh .

Selain itu pada notebook gaming ini, Asus juga berani memberikan garansi penuh selama 2 Tahun dan perlu kalian tahu, Indonesia sudah memiliki ASUS ROG Store pertama di Dunia yang berada di Mangga 2 Jakarta sedangkan untuk service centernya sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Segera kumpulin uang kalian untuk dapat “meminang” ASUS ROG Strix GL502VS, dapatkan di outlet-outlet terdekat atau bisa beli secara online di marketplace-marketplace kesukaan kalian.

Demikianlah postingan saya tentang, ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Impian Para Gamers dan juga Blogger, Salam ngiler dari saya untuk kalian semua.. muaaachhh 

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Strix GL502VS
CPU Intel® Core™ i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 32GB
Storage 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6” Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1070M 8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Weight 2.2Kg
Dimension 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 4120mAh
MSRP Rp30.299.000 (free ROG mouse)
Warranty 2 years full global warranty

 

Refrensi tulisan:

https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-GL502VS/

Press Realese Asus ROG Strix GL502VS

http://ark.intel.com/id/products/88967/Intel-Core-i7-6700HQ-Processor-6M-Cache-up-to-3_50-GHz

Share
Nov 22, 2016 - Posted by Blogsteguh - 7 Comments
Seorang Blogger yang merangkap menjadi Engineer dari kota Pontianak, Kadang ngeselin kadang Ngangenin. Suka? Email aja ke Blogteguhs@gmail.com

7 Responses to “ASUS ROG Strix GL502VS, Notebook Impian Para Gamers”

  1. citra says:

    info yang lengkap dan terimakasih sudah BW ke blogku, salam kenal

  2. Sumpah saya gak kuat liat harganya mas 😀 Sedih kalo diceritainnya….

  3. saleo says:

    Speknya bikin ngiler, harganya jugaaa… yes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *